Viber, Whatsapp, Skype Enyah Dari Arab Saudi


Viber, Whatsapp, Skype Enyah Dari Arab Saudi

Viber, Whatsapp, Skype merupakan layan berbagai pesan dan video yang sangat populer di kalangan Anak muda. Namun tidak di mata Arab Saudi, mereka justru meng “enyahkan” ketiga Aplikasi tersebut.

Viber, Whatsapp, Skype Enyah Dari Arab Saudi

Kabar mengejutkan datang dari Arab saudi, negara besar bagi seluruh umat Islam di dunia tersebut minggu lalu telah memblokir Viber dari negaranya karena Viber dianggap tak mampu memenuhi peraturan lokal yang berlaku disana. Viber sendiri merupakan aplikasi layanan perpesanan instan gratis yang telah populer di dunia. Bukan hanya di Arab Saudi saja, Komisi Komunikasi dan Teknologi Informasi di Indonesia juga sempat mengeluarkan peringatan serupa kepada Viber karena tidak mengindahkan peraturan dalam negeri yang telah ditetapkan.

Arab Saudi Blokir Viber
Seperti yang dilansir pada Blog GSMarena (08/06) Skype dan WhatsApp juga telah mendapatkan peringatan serupa dari pemerintah Arab Saudi pada bulan Maret yang lalu. Namun hingga sejauh ini kedua perusahaan tersebut masih tetap bisa memberikan layanan mereka di Arab Saudi. Viber sendiri dipaksa untuk menutup layanan mereka di Saudi Arabia karena tak mampu menyediakan CITC server lokal untuk memantau aktivitas pengguna mereka.

Pemblokiran tersebut kabarnya bukan hanya semata-mata karena alasan peraturan lokal saja seperti untuk mengontrol aktivitas pengguna, melacak kemungkinan kerusuhan dan masalah sosial lainnya. Namun pemblokiran ini juga disinyalir akibat dari keinginan otoriter pemerintah Arab Saudi karena dengan hadirnya layanan semacam Viber, Skype dan juga WhatsApp, perusahaan telekomunikasi milik mereka jadi kalah saing. Masyarakat cenderung lebih memilih menggunakan layanan diatas dibandingkan dengan perusahaan komunikasi lokal. Tentu itu merupakan kerugian finansial yang besar bagi negara tersebut.

Jika alasan kedua tersebut benar adanya, Skype dan WhatsApp nampaknya harus siap jika sewaktu-waktu menjadi “korban” selanjutnya.

Kita lihat saja apa yang akan dilakukan pemerintahan Arab Saudi.

Tagged with: , ,
Posted in News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: