Kaspersky Temukan Trojan Baru di Android


Kaspersky Temukan Trojan Baru di Android

Kaspersky selaku Anti Virus terkemuka di Dunia, baru-baru mengklaim telah Temukan Trojan Baru yang paling berbahaya di Android

Kaspersky Temukan Trojan Baru di Android

Istilah Trojan pasti sering kita dengar, trojan sendiri merupakan program yang secara diam-diam dapat menginstalkan dirinya sendiri pada suatu sistem dan menjalankan kegiatan mata-mata seperti mencuri data, merekam keyboard dan mengirimkan ke alamat si pembuatnya. Bukan hanya pada komputer saja, namun ponsel maupun tablet dengan OS Android pun dapat diserang oleh program semacam ini. Sayang nya pengguna sering tidak menyadari sumber dari Trojan yang sangat merugikan ini.

Peneliti dari Kaspersky bernama Roman Unuchek mengungkapkan pada minggu lalu bahwa dia dan tim peneliti lainnya telah berhasil menemukan sebuah Trojan bernama Backdoor.AndroidOS.Obad.a, Trojan jenis ini dianggap merupakan Trojan Android paling berbahaya dan tercanggih dari yang pernah ada. Apabila menginfeksi perangkat Android, trojan ini mampu mengirim SMS berlangganan ke nomor premium yang ada pada data trojan ini sehingga pulsa Anda bisa terpotong habis, dapat mendownload program malware lainnya, menginstal malware pada ponsel yang terinfeksi dan bahkan mampu menyebarnya melalui Bluetooth ke ponsel lain yang ada di dekatnya .

Bukan hanya itu, trojan ini ternyata juga sangat susah ditemukan. Unuchek menambahkan bahwa pembuat Odad.a sangat ahli membuat kode yang sangat rumit sehingga trojan ini sangat susah untuk diketemukan. Bahasa dan pengkodean trojan ini sangat berbeda dengan yang pernah ada sebelumnya. Parahnya lagi, Odad,a mampu memperoleh hak Administrator di dalam ponsel ataupun tablet yang terinfeksi tersebut sehingga akan sangat susah untuk dihapus.

Pada saat Odad.a memperoleh hak Administrator, maka dia akan membuat layar menjadi blank dalam waktu sekitar 10 detik dan ketika perangkat terhubung ke internet, malware ini akan menyalin diri mereka sendiri dan juga mendownload malware berbahaya lain yang kemudian menyatukan banyak malware di dalam sebuah perangkat naas tersebut.

Kaspersky sendiri telah memberkan informasi terkait malware trojan tercanggih ini dan telah memberikan beberapa patch keamanan baru yang dapat digunakan oleh Google untuk mencegah malware ini menyebar.

Tagged with: , ,
Posted in Kaspersky

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: